Mengenal Saluran U Ditch Beton & Box Culvert Precast

box culvert precast

MENGENAL LEBIH JAUH SALURAN U DITCH & BOX CULVERT

Indonusa Conblock adalah perusahaan yang bergerak dalam memproduksi dan mensupply material bahan bangunan berupa beton pracetak. Diantara produk yang kami hasilkan yaitu saluran air beton precast U Ditch dan Box Culvert. Tentunya masih banyak lagi produk beton pracetak lainnya seperti Paving Block, Grass Block, Kanstin, Buis Beton serta Pagar Beton.

Sesuai judul di atas, pada artikel kali ini kami akan mengajak anda untuk mengulik lebih dalam tentang saluran air beton yang berupa U Ditch dan Box Culvert Precast.

Yang di maksud beton precast adalah proses pembuatan struktur beton yang dilakukan dengan cara dicetak terlebih dahulu sebelum dipasang. Dari beberapa produk beton precast itu sendiri termasuk di antaranya adalah saluran air hujan beton precast berlubang dalam hal ini U ditch dan Box Culvert.

saluran u ditch
Pemasangan saluran air beton pracetak

Standar SNI Saluran U Ditch & Box Culvert Precast

Menurut SNI 03-6966-2003 diterangkan tentang saluran air hujan pracetak berlubang. Saluran air hujan beton pracetak berlubang didefinisikan sebagai saluran air hujan yang dibuat dari bahan beton bertulang dengan perlubangan sesuai design dan kriteria yang telah ditetapkan, dibuat dengan sistem pracetak. Saluran u ditch berfungsi untuk mengalirkan dan atau meresapkan air hujan dari suatu tempat ketempat lain. 

Persyaratan dalam produk beton pracetak tersebut agar hasil cetakan u ditch maupun box culvert dapat digunakan sebagaimana fungsinya yaitu menyalurkan air atau membuat resapan yang di tetapkan sebagai Standar Nasional Indonesia (SNI) diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Saluran u ditch beton tersebut harus mampu mengalirkan serta meresapkan sebagian air hujan kedalam tanah dengan kecepatan tertentu.
  2. Dipasang diatas tanah yang stabil.
  3. Permukaan beton pracetak harus halus dan tidak cacat serta kedap air.

Proses Pembuatan Saluran Air Beton Pracetak

Dalam pembuatan saluran air hujan beton pracetak tersebut bahan yang digunakan adalah semen portland, agregat halus (pasir atau abu batu), agregat kasar (batu split), besi tulangan dengan mutu fy 240 dan fy 400, serta air. Pada type tertentu komposisi yang digunakan perlu ditambahkan zat aditif tentunya untuk meningkatkan mutu beton atau untuk mempermudah pengerjaannya (workability). U ditch dibuat dengan menggunakan sebuah cetakan u ditch.

Proses pembuatan saluran air beton

Bekisting atau cetakan u ditch ini dibuat dari bahan dasar plat besi dengan pengaku dari siku atau bisa juga menggunakan tripleks yang diperkuat dengan rangka kayu. Cetakan dari kayu umumnya bisa dipakai hingga 5 kali, setelah itu bentuknya sudah tidak presisi. Cetakan box culvert atau u-ditch yang dibuat dari plat besi bisa dipakai berkali-kali tanpa batas.

Jenis - jenis Saluran Air Beton Precast

Jenis saluran air beton precast saat ini di pasaran cukup banyak dan bervariasi, mengikuti kebutuhan yang diminta oleh pengguna pekerjaan saluran. Type ini dibuat sesuai dengan dimensi saluran yang akan dikerjakan serta mempertimbangkan beban-beban yang akan ditahan oleh saluran beton pracetak. Namun disini kita akan membahas dua diantara yang lainnya yaitu U ditch dan Box Culvert.

harga U Ditch Precast ukuran jualU Ditch adalah saluran beton pracetak yang mempunyai bentuk fisik sesuai dengan namanya yaitu berbentuk huruf U dan berukuran kecil. Pemasangan saluran u ditch juga terkadang bisa di sertai dengan tutup atau cover u ditch. Tutup u ditch terdiri dari 2 type, yaitu Heavy Duty (HD) dan Light Duty (LD).

Tidak ada standar ukuran yang membedakan seluran beton pracetak tersebut. Perusahaan kami (Indonusa Precast) mencetak produk beton u ditch ini dengan ukuran lubang dalam 30cm x 30cm hingga 120cm x 120cm dengan panjang yaitu 120cm.

Saluran beton u ditch precast ini biasa digunakan pada halaman bangunan perkantoran, pergudangan, pabrik dan hotel. Besar kecilnya ukuran u ditch tergantung pada volume air yang akan dialirkan.

box culvert harga ukuranJenis saluran air beton pracetak lainnya yang banyak dipakai sebagai saluran air drainase adalah box culvert precast atau gorong gorong beton. Box culvert adalah beton pracetak yang digunakan pada saluran yang melintasi jalan / crossing. Pemasangan box culvert umumnya dengan cara ditanam didalam tanah.

Variasi dimensi atau ukuran box culvert yang ada di Indonusa Conblock adalah mulai dari 40cm x 40cm sampai 200cm x 200cm untuk lubangnya. Dan memiliki panjang 100cm atau 1m.

Itulah penjelasan seputar mengenal saluran u ditch dan box culvert precast. Semoga bermanfaat.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu