5 Tahap Proses Pembuatan Semen

proses pembuatan semen

Proses Pembuatan Semen – Semen adalah salah satu komponen utama dalam proyeksi pembangunan karena berfungsi sebagai perekat antara bahan satu dengan bahan lainnya untuk menjadi sebuah kesatuan. Selain itu, semen juga menjadi bahan campuran terpenting saat membuat adukan beton cor.

Salah satu jenis semen yang paling sering digunakan sebagai bahan perekat, plester dinding, dan campuran beton adalah semen portland. Proses pembuatan semen portland perlu bahan berkualitas dan perhatian khusus agar menjadi semen bermutu yang multifungsi saat digunakan dalam dunia pembangunan.

Ciri Khas Semen Portland

Semen portland memiliki ciri khas tertentu, antara lain:

  • Bersifat mudah kering setelah dicampur air
  • Jika dicampur air, semen portland bersifat plastis sementara lalu perlahan akan mengeras
  • Jika semen sudah mengeras maka tidak akan larut dalam air dan biasanya tidak bisa dijadikan bahan perekat atau bahan campuran.
  • Semen portland yang bersifat mudah kering sehingga sangat cocok sebagai perekat batu bata merah ketika membangun dinding hunian.
  • Bersifat kaustik yang dapat mengiritasi kulit
  • Bubuk pada semen yang terhirup akan menyebabkan kanker paru-paru

Proses pembuatan semen portland berkualitas harus memperhatikan bahan-bahan utama yang menjadi material campurannya, berikut bahan baku dari proses pembuatan semen portland.

Bahan Baku Semen Portland

Semen portland bertekstur serbuk yang sangat halus. Tekstur tersebut didapatkan dari pembakaran klinker, pasir besi, dan tambahan gypsum. Pasir besi akan memberikan warna hitam pada semen dan tambahan gypsum untuk memperbaiki kualitas tekstur pada semen.

Dibutuhkan beberapa senyawa kimia dalam proses pembuatan semen portland yaitu kalsium oksida, alumunium oksida, silikon oksida, dan oksida besi. Semua senyawa kimia tersebut didapatkan dari campuran material mentah sebagai berikut:

  • Batu kapur yang menjadi sumber senyawa kalsium oksida,
  • Pasir silika yang merupakan sumber silisium oksida, sekaligus terdapat kandungan alumunium oksida serta oksida besi dalam presentasi kecil.
  • Tanah merah yang memiliki kandungan alumunium oksida dan oksida besi yang lebih banyak dari batu silika.

Proses Pembuatan Semen Portland

1. Siapkan bahan baku

Langkah pertama yaitu perlu untuk menyiapkan material utama dalam proses pembuatan semen portland seperti pasir silika, batu kapur, tanah merah, pasir besi, dan gypsum.

2. Lakukan penggilingan bahan baku dan keringkan

Penggilingan dilakukan agar bahan baku berubah ukuran menjadi lebih kecil dan permukaan dari material yang digiling menjadi lebih lebar. Selain itu, penggilingan juga berfungsi untuk memicu terjadinya reaksi kimia pada bahan baku saat pembakaran (klinker). Setelah selesai digiling, material utama tersebut harus dikeringkan dengan menggunakan gas panas.

3. Pembakaran atau pembentukan klinker

Klinker terbuat dari bahan yang disebut tepung baku yang dihomogenisasi dalam CF silo lalu dikeluarkan untuk kemudian diumpankan ke kiln exhaust gas. Tepung baku yang diumpankkan ke kiln akan disebut umpan baku. Setelah itu, lakukan proses pemanasan umpan baku di preheater, lalu pembakaran di kiln, dan terakhir akan didinginkan dalam cooler.

4. Penggilingan klinker

Penggilingan awal akan menggunakan roller press kemudian dilanjutkan dengan tube mill (alat penggiling) yang berisi bola besi sebagai penghancur. Bahan yang telah hancur dihisap dan dibersihkan dari debu lalu hasil penggilingan segar yang telah jadi akan disimpan dalam semen silo.

5. Pengemasan semen

Langkah terakhir adalah semen yang disimpan dalam semen silo dikeluarkan lalu diangkut menujut kantong semen yang setiap kantong (sak) mengandung 50 kg semen. Setelah semua proses pembuatan semen hingga pengemasan selesai, semen portland siap untuk di distribusikan pada penjual.

Lihat Disini : Harga Paving Per Meter

Itulah pembahasan mengenai apa itu semen beserta tahapan proses pembuatan semen. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam mengenali bahan-bahan banguna yang ada disekitar kita, khususnya material Semen.

INDONUSA CONBLOCK – Distributor Kanstin, Konblok, Buis Beton U, Kanstin Trotoar, Saluran U Ditch  

Informasi Produk & Layanan

Chat via WhatsApp dengan Tim Sales Indonusa sekarang juga!

Close Menu