Perbedaan Baja dan Stainless Steel

perbedaan baja dan stainless steel

Perbedaan Baja dan Stainlees Steel tidak hanya dari nama saja melainkan dari komponen signifikan yang terkandung di dalamnya. Karena hampir semua orang mengetahui kedua material yang cukup populer ini. Berikut ulasan perbedaan kedua material ini dilihat dari berbagai aspek.

Komponen Stainless Steel

Baja anti karat atau stainless steel adalah salah satu jenis material yang merupakan perpaduan besi dengan minimal 12% chromium, ditambah paduan mangan, nikel, serta molibden.

Dengan demikian perbedaan baja dan stainless steel sudah dapat terlihat dari kombinasi komponennya. Hanya dengan kombinasi 12% chromium dengan besi tanpa tambahan logam apapun sudah bisa disebut baja anti karat atau umum dikenal stainless steel.

Adapun stainlees steel menjadi material yang sangat populer digunakan sebagai peralatan dapur karena berbagai alasan yakni mudah dibersihkan, tidak mengubah rasa makanan, serta dapat di daur ulang.

Komposisi besi, chromium, mangan, silikon, molibden, dan nikel pada stainless steel. Bertindak untuk membentuk lapisan pelindung (Cr2O3) pada permukaan stainless steel yang tidak hanya dipercaya lebih kuat, namun juga tahan karat.

Jenis Stainless Steel dan Penggunaannya

Tidak hanya populer untuk peralatan dapur, stainless steel juga dapat digunakan untuk hal lainnya sesuai dengan kandungan chromium yang digunakan.

  • Jenis pertama yakni Stainless Steel Martensitic yang memiliki kandungan chrom 13%-14%, berguna untuk pembuatan saluran pipa air.
  • Kedua, Stainless steel Ferritic dengan kandungan 18% chrom cocok untuk komponen di industri kimia atau bersifat korosif.
  • Terakhir yang ketiga yakni Stainless Steel Austenitic yang dapat digunakan untuk peralatan di lingkungan dengan kadar garam yang tinggi seperti baling-baling kapal.

Komponen Baja

Lebih lanjut untuk melihat perbedaan baja dan stainless steel yakni dapat dilihat dari komposisi baja itu sendiri. Memiliki perpaduan dasar yang sama seperti stainless steel yaitu diperoleh dari besi tetapi untuk baja, besi dipadukan dengan karbon.

Jika stainless steel terdapat perbedaan penggunaan sesuai dengan kadar chromium di komponennya, maka perbedaan baja dan stainless steel dapat dilihat dari jenis baja yang menyesuaikan penggunaan berdasarkan kandungan karbon di dalamnya.

Jenis Baja dan Penggunaannya

Adapun fungsi dari baja pada peralatan kehidupan manusia terbagi menjadi 3 jenis.

  • Pertama disebut Mild Steel dengan kadar karbon 0,05-0,30%, memiliki sifat mudah ditempa sehingga cocok untuk pembuatan bodi mobil atau kapal, pipa, konstruksi bangunan.
  • Kedua yaitu Medium Carbon Steel dengan karbon 0,25-0,6% yang dibutuhkan dalam komponen mesin karena mudah dibengkokkan dan memiliki ketahanan dari hempasan yang kuat.
  • Kemudian jenis yang ketiga yaitu High Carbon Steel dengan kandungan karbon 0,6-1,6%, baja jenis ini dikenal sangat keras dan paling kuat.

Cara Pembuatan Baja dan Stainless Steel

Perbedaan baja dan stainless steel juga cukup signifikan pada cara pembuatannya. Anti karat pada stainless steel dilalui dengan dua tahap yaitu dengan sistem Electric Arc Furnace dan disempurnakan dengan alat Argon Oxygen Decarbuzier untuk menghilangkan zat pengotor di dalam stainless steel.

Sedangkan proses pembuatan baja cukup panjang karena menggunakan tiga proses antara lain Open Hearth Furnace, Basic Oxygen Furnace, dan terakhir Electric Arc Furnace. Fungsi ketiga proses itu adalah untuk menghilankan unsur non logam yang tidak diinginkan di dalam perpaduan pada baja serta menghilangkan sifat getas atau kerusakan mendadak pada baja.

Lihat Disini : Daftar Harga Pagar Panel Beton

Dapat disimpulkan, perbedaan baja dan stainless steel terdapat pada komposisi yang digunakan, fungsi dan juga sistem pembuatannya. Kedua material ini memiliki sifat ketahanan yang kuat, namun stainless steel bersifat tahan pada karat dan cocok untuk digunakan pada peralatan dapur sedangkan baja cocok digunakan untuk peralatan yang lebih kuat.

INDONUSA CONBLOCKPabrik Paving Block, Conblock, Pagar Beton Precast, Kanstin Jalan

Informasi Produk & Layanan

Chat via WhatsApp dengan Tim Sales Indonusa sekarang juga!

Close Menu