Pengertian,Kegunaan dan Fungsi Pipa Beton

Pipa beton adalah pipa yang terbuat dari beton, biasanya terdiri dari campuran beton yang kuat dan tahan lama. Pipa beton digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi, termasuk sistem saluran air, saluran drainase, saluran pembuangan, dan saluran irigasi.
Peradaban manusia dari zaman prasejarah hingga zaman modern telah mengalami perkembangan yang amat pesat. Hal ini bisa diamati dari segi teknologi canggih yang telah banyak ditemukan akhir-akhir ini. Ditambah lagi dengan infrastruktur dan fasilitas umum yang mampu menunjang kebutuhan manusia.
Seperti halnya penggunaan bahan-bahan tertentu, manusia saat ini cenderung menggunakan bahan dari alam saja, melainkan dari penggunaan mesin canggih demi mempersingkat waktu dan memperbaiki kualitas infrastruktur. Sebagaimana halnya pipa beton atau dengan istilah setempat yaitu gorong-gorong.

Kegunaan dan Fungsi Pipa Beton

kegunaan dari pipa beton terlebih dahulu. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan terkait fungsi pipa beton, mulai dari pembangunan skala kecil hingga terbesar. Simak beberapa poin kegunaan pipa beton berikut ini.

• Pipa beton digunakan untuk mempermudah proses pengairan dari satu tempat ke tempat lain. Sama halnya dengan gorong-gorong yang membuat pipa beton ini berbeda hanya bagian bentuknya saja. Ada yang berbentuk bulat dan separuh bulat (sudah dibelah).
• Pipa beton berfungsi untuk material terpenting dalam menunjang pembuatan gorong-gorong yang efisien. Umumnya, pipa beton yang dipasang berbentuk setengah bulat.
• Pipa beton juga bisa berfungsi untuk pelapis pada sumur resapan. Sehingga air sumur tidak mudah menjadi kotor sebab telah dilapisi dengan baik oleh komposisi terbaik. Wajar jika tingkat keawetan sumur tersebut bisa bertahan lama.

Manfaat Pemasangan Pipa Beton Pada Instrastruktur

Dampak positif dari penggunaan pipa beton pada suatu proyek adalah durasi atau lamanya waktu pengerjaan menjadi lebih singkat daripada sebelumnya. Ditambah lagi jika material pipa beton ini berkualitas, terbukti dari daya tahannya yang cenderung lebih kuat jika diadu dengan sistem cor. Belum lagi dengan harga pipa beton yang dijual dengan harga terjangkau di beberapa toko bangunan, tentu saja berbeda jika Anda menggunakan batu kali yang cenderung berisiko menguras banyak biaya.
Pipa beton juga memiliki kegunaan yang amat beragam. Meski prinsip kerja pada pipa beton sejatinya hanya untuk mengarahkan lau air, mulai dari air masuk maupun air keluar. Pipa beton kini juga telah dipasarkan dalam berbagai macam dan komposisi yang berbeda. Masing-masing varian tersebut memiliki kegunaan yang berbeda.

Macam-Macam Pipa Beton Berkualitas

macam-macam pipa beton yang telah diklasifikasi berdasarkan bahan pembuatan dan bentuknya. Masing-masing dari klasifikasi tersebut tentu saja memiliki kegunaan yang berbeda-beda pula sesuai kebutuhan. Berikut ini penjelasannya.

1. Varian Pipa Beton Menurut Penggunaan Tulangan atau Rangka
Merupakan pipa beton yang menerapkan prinsip reinforced concrete pipe, yakni menggunakan rangka baja. Sehingga dinilai lebih kuat jika dipasang pada infrastruktur yang memiliki bobot lebih. Berbeda halnya dengan non reinforced concrete yang tidak menggunakan rangka baja. Tentu saja akan lebih mudah retak dan rapuh jika diberi beban lebih.

2. Varian Pipa Beton Menurut Komposisi Produksi
Semua pipa beton sejatinya berasal dari material concrete yakni segumpal semen yang telah dicetak sedemikian rupa. Hanya komposisi produksinya saja yang tidak sama. Adapun dua jenis pipa beton yang dijual di toko bangunan menurut komposisinya. Yaitu, pipa beton dengan bahan pasir dan pipa beton tanpa bahan pasir. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa pipa beton tanpa bahan pasir dinilai lebih kokoh, sebab air tidak mudah masuk ke dalam pori-pori pipa beton.

Varian Pipa Beton Menurut Bentuk
Saat ini telah tersedia dipasaran, dua bentuk pipa beton yang bisa and apilih sesuai kebutuhan intrastruktur. Bentuk pertama adalah lingkaran penuh sementara pada pipa beton lingkaran penuh biasanya digunakan untuk komponen gorong-goron. Sementara pipa beton setengah lingkaran dipasang pada sungai-sungai tertentu yang membutuhkan tambhana beton untuk mempermudah pengairan menuju tempat yang tepat.

Produk Pipa Beton Berdasarkan Pemanfaatan Tulang atau Rangka

Kini juga telah tersedia 2 macam produk pipa beton yang telah diklasifikasikan menurut pemanfaatan rangka yaitu sebagai berikut:
Reinforce concrete pipe, atau biasa disebut dengan RCP yaitu salah satu produk pipa beton yang memiliki ketahanan paling kuat untuk menanggung beban berat. Hal ini karena RCP memiliki sebuah kerangka bertulang atau tulangan yang memiliki kegunaan untuk menahan daya tekan dari permukaan agar beton tidak mudah retak atau pun Rapuh.
Non reinforce concrete pipe, atau biasa juga disebut dengan NRCP yang merupakan salah satu produk pipa beton yang didalamnya tidak memiliki pipa bertulang. Non Reinforced Concrete Pipe biasanya hanya sanggup untuk menahan beban yang ringan saja. Karena seperti namanya beton ini tidak memiliki rangka tulangan di dalamnya yang berfungsi sebagai penahan beban berat.

Jika beton tersebut tetap digunakan pada suatu bidang yang sangat membebani maka dikhawatirkan akan timbul kerusakan yaitu biasanya pipa beton cepat rapuh ataupun retak dan bahkan lebih buruknya lagi adalah 5 botol tersebut dapat roboh.
Ulasan di atas dapat anda jadikan referensi bagi Anda yang ingin membeli pipa beton dengan berbagai macam ukuran serta berbagai macam wujud dan dapat diaplikasikan pada pembangunan yang sedang anda lakukan. Anda bisa dengan mudah menemukan pipa beton berkualitas di sini dan perlu Anda ketahui bahwa kami memiliki pipa beton yang memiliki kualitas terbaik dengan mutu yang terjamin.
Pipa beton yang kami tawarkan untuk Anda dibuat dengan komposisi material bahan terbaik dan juga dicetak dengan teknologi canggih sehingga menjadikan pipa beton yang kami miliki merupakan produk terbaik yang telah banyak digunakan di berbagai macam infrastruktur yang ada di Indonesia.

Spesifikasi Pipa Beton

Dengan mengenal spesifikasi dari pipa beton berulang, maka Anda tidak akan ragu lagi tenaga dari pipa drainase ini.
Di pasaran sekarang ini, Anda akan ditawari dua variasi drainase beton yang berbeda. Pertama merupakan pipa beton bertulang yang juga disebut dengan Reinforced Concrete Pipe. Sedangkan memiliki tulang diketahui dengan Reinforced Concrete Pipe. Seluruh yang tanpa tulang disebut denga Unreinforced Concrete Pipe.
Pembuatan betonisasi konsisten sama, yakni dengan material semen, pasir, dan batu pecah atau yang disebut dengan split. Tetapi bahan hal yang demikian dicampur kemudian digunakan untuk membikin pipa beton. Kemudian, semuanya dicampur dan diterapkan untuk mencetak pipa beton. Besi sepatutnya dimasukkan ke dalam beton seandainya ingin membuat pipa beton bertulang.

Berdasarkan Penjelasan di atas mengenai pipa beton atau yang bisa di sebut gorong beton, tentu Anda sudah memiliki bayangan tentang pipa beton apa yang akan Anda pilih. Anda bisa memilih bahan untuk lantai ini sesuai dengan kebutuhan.

INDONUSA CONBLOCK – Distributor U-Ditch, Konblok, Buis Beton, Kanstin Taman, Pagar Panel Beton  

Informasi Produk & Layanan

Chat via WhatsApp dengan Tim Sales Indonusa sekarang juga!