Pengertian Dan Fungsi Wiremesh

wiremesh

Wiremesh merupakan salah satu bahan bangunan yang berupa rangkaian besi.

Bentuknya adalah rangkaian baris dan kolom paralel dari kawat yang saling bertemu dan berpotongan setiap baris terhadap kolomnya.

Perpotongan antara kawat-kawat atau wire ini biasanya dilakukan pengelasan sehingga menempel antara kawat satu dengan yang lainnya.

Dengan adanya pengelasan tersebut, maka wire yang saling berpotongan itu melekat secara kokoh dan tidak mudah lepas.

Spesifikasinya sangat banyak macamnya, karena dapat dibuat dari bermacam-macam bahan serta paduan logam dalam pembentukannya.

Produk ini mempunyai banyak ukuran dan bentuk yang berbeda-beda dalam pengaplikasiannya, serta terdapat berbagai pilihan bahan dan material yang digunakan.

Besi dan baja adalah material yang sangat penting dalam pembuatan sebuah konstruksi bangunan.

Salah satu bentuk produk olahan besi ataupun baja adalah wiremesh yang sudah umum digunakan dalam berbagai hal, contohnya adalah pada pembuatan rumah, kantor, tugu, ataupun gedung bertingkat.

Wiremesh biasanya memiliki rangkaian yang mempunyai diameter 4 mm.

Bentuk umum dari produk ini adalah berupa jaring-jaring kotak.

Umumnya produk ini lebih sering digunakan daripada bahan tulangan besi.

Karena dalam pengaplikasiannya, anda bisa menghemat biaya dan waktu pengerjaan ketika menggunakan bahan ini.

Bisa dimanfaatkan untuk pengganti besi tulangan beton khusus dalam penggunaan pada pembuatan pelat lantai, jalan beton, saluran air beton, dinding, maupun pagar beton.

Dalam pemanfaatannya sebagai pengganti tulangan besi pada pelat lantai, biasanya digunakan wiremesh dengan ukuran M7.

Sedangkan jika penggunaannya sebagai pengganti tulangan besi pada jalan beton biasanya digunakan ukuran M8.

Ukuran ini terhitung lebih besar karena disesuaikan dengan beban yang akan ditampung oleh beton, yaitu kendaraan.

Manfaat Penggunaan Wiremesh

Wiremesh memiliki fungsi dan manfaat dalam pengaplikasiannya. Berikut ini adalah manfaat bagi anda yang menggunakan wiremesh.

1. Hemat waktu

Pengaplikasian produk ini pada konstruksi bangunan dapat mempercepat pada pengerjaannya, sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, pemasangan wiremesh untuk bangunan lebih mudah daripada besi pada umumnya.

2. Hemat pengeluaran

Harga yang terbilang lebih murah dan terjangkau daripada besi tulangan konstruksi bangunan. Jika Anda memanfaatkan produk ini pada konstruksi, anda dapat menghemat biaya konstruksi hingga setengahnya.

3. Lebih ringan

Beban yang ditimbulkan dari wiremesh pun lebih praktis dan ringan. Sehingga memudahkan pekerja ataupun mengatasi lokasi konstruksi anda yang jauh dari penjual material bangunan. Wiremesh pada umumnya tidak banyak menggunakan kawat atau wire untuk merangkainya.

4. Meminimalisir jumlah pekerja

Dalam pembangunan yang menggunakan wiremesh dalam konstruksinya, Anda tidak membutuhkan banyak orang untuk pengerjaannya, sehingga anda dapat menekan jumlah pengeluaran yang anda gunakan pada konstruksi tersebut.

5. Banyak tersedia

Anda sebagai orang yang sedang melakukan pembangunan dapat menemukan wiremesh dengan mudah, yaitu di toko bangunan pada umumnya. Sehingga anda tidak perlu kesusahan mencari bahan wiremesh ini kemana-kemana.

6. Ketepatan ukuran beton

Dengan menggunakan produk ini pada bangunan anda, dapat meningkatkan ketepatan ukuran beton yang telah dibuat. Hal ini dikarenakan lebar wiremesh sudah terukur secara pasti.

7. Menekan biaya kirim

Biaya kirim dari bahan bangunan ini relatif murah, karena ukurannya yang tidak cenderung panjang dan fleksibel sehingga mudah dipindahkan menggunakan alat transportasi yang lebih kecil.

8. Meminimalisir pemakaian kawat

Beton yang menggunakan wiremesh dapat mengurangi beban yang dihasilkan beton tersebut, sehingga dalam rangkaiannya tidak membutuhkan kawat yang terlalu banyak.

9. Pengaplikasian lebih murah

Selain harga dari produk ini cenderung murah, pengaplikasian dalam pemasangannya juga lebih ekonomis dibandingkan dengan konstruksi bangunan yang masih mengaplikasikan besi konvensional.

Demikian semua penjelasan tentang wiremesh. Definisi, fungsi, serta manfaatnya bagi anda yang menggunakannya.

Semoga bermanfaat.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu