Pengertian Dan Fungsi Guiding Block Atau Tactile Paving

guiding block

GUIDING BLOCK – Perkembangan dunia teknik sipil akan terus menghasilkan bentuk bentuk bangunan dan bahan bahan penunjang baru guna memberikan kemudahan dan fungsi tertentu bagi kehidupan.

Salah satu hal baru yang dapat diketahui sebagai hasil dari proses berfikir teknik sipil adalah Guiding Block.

Guiding Block adalah lantai yang digunakan untuk memberikan kemudahan pada pejalan kaki dengan kebutuhan khusus.

Untuk lebih memahaminya dengan baik, berikut penjelasan mengenai pengertian dan fungsi Guiding Block atau tactile paving tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Pengertian Guiding Block

Guiding Block adalah salah satu jenis lantai yang sekarang ini cukup mudah ditemui sebagai salah satu fasilitas umum di trotoar kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota lainnya.

Meskipun mulai dapat dengan mudah diketahui, beberapa mungkin masih bingung apa Guiding Block atau Tactile paving tersebut dan mengapa setiap trotoar jalan harus ditambahkan lantai tersebut.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan Guiding Block maka kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Guiding Block adalah keramik yang memiliki design khusus dan diperuntukan untuk membantu dalam mengarahkan tunanetra berjalan di sebuah jalan tertentu yang juga dikenal dengan nama kenji block.

Penggunaan Tactile Paving tersebut cukup popular terutama di Negara maju untuk menjadikan jalan ramah dengan penderita tuna netra.

Fungsi Guiding Block

fungsi guiding block

Pemasangan block lantai khusus yang juga disebut sebagai ubin tekstur pemandu seperti diatas.

Tentu memiliki maksud dan tujuan tertentu dalam kaitannya dengan tata kota serta pejalan kaki.

Berikut ini beberapa fungsi dari Guiding Block yang perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  • Memandu Tuna Netra

    Yang pertama adalah untuk memandu para tunanetra agar dapat berjalan tanpa harus takut tertabrak orang ataupun salah arah.

    Dengan panduan yang ada tersebut dapat menghindari resiko berbahaya yang dapat terjadi pada tunanetra ketika di jalan.

    Pada lantai bertekstur ini terdapat pola yang terinspirasi dari huruf braile untuk para tuna netra agar dapat berjalan maju maupun berhenti pada saat yang tepat.

  • Membantu Menjadikan Tuna Netra Aman Berjalan

    Meskipun memiliki keterbatasan fisik, seorang tuna netra tetap memiliki hak yang sama untuk menggunakan jalanan dan trotoar yang ada dikota.

    Dengan adanya ubin tekstur pemandu di trotoar jalanan dapat membantu memastikan keamanan tunanetra dan menjadikan jalanan ramah terhadap para tunanetra.

    Sehingga, fungsi lainnya dari Guiding Block adalah untuk memberikan akses yang mudah pada para penyandang tunanetra.

  • Mempercantik Tampilan Tata Kota

    Fungsi lain Guiding Block adalah untuk membantu memberikan nilai estetika lebih dan mempercantik tampilan tampilan trotoar di sebuah kota.

    Dengan begitu, tentunya juga akan menjadi nilai lebih yaitu sebagai kota yang peduli dengan semua kebutuhan warganya tak terkecuali para penyandang tunanetra.

Itulah beberapa penjelasan mengenai salah satu bentuk fasilitas umum baru, khususnya digunakan untuk membantu para tunanetra ketika berjalan di trotoar jalan.

Dengan adanya fungsi-fungsi tersebut maka sudah sepatutnya ubin bertekstur pemandu tersebut diinstalasi pada semua trotoar jalan.

Sehingga setiap pejalan kaki mendapatkan fasilitas yang baik termasuk bagi tuna netra yang terkadang masih dilupakan atau tidak dihiraukan.

Dengan melihat uraian diatas, Guiding Block adalah salah satu fasilitas yang sebaiknya ada pada setiap trotoar kota di Indonesia. 

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu