Pengertian Buis Beton hong atau pipe concrete

Buis Beton atau pipe concrete adalah sebuah tabung atau pipa yang terbuat dari beton yang digunakan untuk berbagai aplikasi dalam konstruksi. Pipa ini biasanya memiliki bentuk silinder dengan dinding tebal yang terbuat dari beton bertulang.
Buis beton digunakan dalam berbagai sistem saluran air, saluran drainase, atau saluran pembuangan. Mereka dapat digunakan untuk mengalirkan air bersih, air hujan, limbah, atau material cair lainnya. Pipa beton juga digunakan dalam proyek-proyek irigasi, sanitasi, drainase perkebunan, dan saluran air limbah.

Keuntungan menggunakan buis beton

•    Kekuatan dan ketahanan: Buis beton memiliki kekuatan yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap beban dan tekanan. Mereka dapat menahan tekanan tanah yang tinggi dan dapat digunakan di lingkungan yang keras dan korosif.

•    Ketahanan terhadap kebakaran dan serangan kimia: Beton yang digunakan dalam Pipe concrete memiliki ketahanan yang baik terhadap kebakaran dan serangan kimia. Mereka tidak terbakar dan tahan terhadap kerusakan dari bahan kimia yang umum ditemui di lingkungan saluran air.

•    Tahan lama: Buis beton memiliki umur pakai yang panjang dan membutuhkan sedikit perawatan setelah pemasangan. Mereka tahan terhadap cuaca ekstrem, fluktuasi suhu, dan serangan hama.

Pipe concrete umumnya tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang yang sesuai dengan kebutuhan proyek. Mereka dapat dipasang dengan metode sambungan khusus seperti sambungan mortir atau sambungan elastomerik untuk memastikan kekokohan dan kebocoran yang minimal. Penting untuk mengikuti standar desain dan spesifikasi yang berlaku saat menggunakan buis beton dalam proyek konstruksi.

Fungsi Buis Beton Hong atau Pipe Concrete

Selain fungsi utamanya sebagai material pembuatan saluran air, ada beberapa fungsi lain dari produk beton ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sumur Resapan
Salah satu fungsi dari jenis beton ini adalah untuk membuat sumur resapan. Dalam proses pembuatannya, jenis beton ini dipakai sebagai dinding pada tanah dimana sumur resapan dibuat.
Penggunaan beton ini mempermudah pembuatan sumur resapan karena sebelumnya lapisan tanah dibatasi dengan batu kali.

Selain itu, penggunaan material beton ini juga menjadikan pembuatan sumur resapan menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan melapisi dinding tanah dengan metode cor.
Untuk membuat sumur resapan, buis beton yang dipakai pada umumnya memiliki bentuk bulat atau lingkaran.  Sumur resapan yang dibuat dengan material beton ini pada umumnya menawarkan kelebihan, yakni daya tahannya yang lama. Tentu, hal ini juga dipengaruhi dengan jenis produk beton yang digunakan.

2. Gorong-Gorong
Selain untuk membuat sumur, beton ini juga berfungsi sebagai gorong-gorong. Bentuk beton yang digunakan untuk membuat gorong-gorong tipenya sama dengan yang dipakai dalam pembuatan sumur.
Namun, pada pembuatan gorong-gorong, tipe beton yang digunakan kebanyakan menggunakan bentuk setengah lingkaran.

3. Pengairan
Dalam fungsi pengairan, material beton ini disusun sedemikian rupa untuk mengalirkan air dari sumbernya menuju sawah atau tempat pengairan lainnya.
Tipe beton yang dipakai pun sama dengan yang dipakai sumur resapan maupun gorong-gorong, yakni beton berbentuk bulat atau belah.
Penggunaan beton dalam sistem pengairan memiliki kelebihan dibandingkan dengan batu kali karena mampu melindungi aliran air dengan lebih baik.
Hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dari material beton sendiri yang sangat kuat.

Tipe - Tipe Buis Beton Hong atau Pipe Concrete

Selain bisa digunakan untuk sejumlah fungsi, buis beton juga dibedakan ke dalam beberapa tipe yang berbeda seperti berikut ini:

1. Tipe Berdasarkan Bentuk
Berdasarkan bentuknya, material beton ini terbagi menjadi beton lingkaran penuh dan beton setengah lingkaran.
Keduanya adalah bentuk yang paling banyak diproduksi oleh pabrik saat ini.
Beton berbentuk lingkaran penuh banyak difungsikan sebagai sumur resapan sedangkan bentuk setengah lingkarannya dipakai untuk membuat gorong-gorong.
Dua bentuk produk beton ini sangat mudah dijumpai penggunaannya baik pada area perumahan ataupun fasilitas umum.

2. Tipe Berdasarkan Bahan
Semua jenis buis beton dibuat dari material semen yang dicetak. Perbedaannya, ada atau tidaknya campuran pasir di dalamnya.
Penggunaan material pasir sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan volume beton yang dibuat. Beton yang seluruhnya dibuat dari bahan semen pada dasarnya lebih kuat karena tidak ada air yang meresap ke dalamnya.
Tak heran jika beton berbahan semen ini banyak dipakai dalam pembuatan saluran air maupun gorong-gorong untuk mencegah kebocoran.
Sementara itu, untuk pembuatan sumur resapan, jenis beton yang digunakan bisa tipe yang dibuat menggunakan campuran pasir di dalamnya.

3. Tipe Berdasarkan Penggunaan Rangka
Produk beton ini juga bisa dibedakan dari rangkanya. Beton dengan rangka baja mampu bertahan lebih lama.
Jenis beton berangka biasanya juga disebut beton bertulang. Sementara itu, beton yang dibuat tanpa rangka akan mudah rusak.

Lihat Disini : Daftar Harga Gorong gorong Sumur

sekian mengenai buis beton atau yang bisa di sebut  Pipe concrete,  jika anda tertarik untuk menggunakan Buis beton bisa langsung saja hubungi call canter kami , kami menyediakan buis beton yang berkualitas tinggi dan tahan lama serta anti lumut.

Informasi Produk & Layanan

Chat via WhatsApp dengan Tim Sales Indonusa sekarang juga!