Motif Pemasangan Paving Block

motif pemasangan paving block

PAVING BLOCK

Definisi paving block adalah salah satu material bangunan yang dirancang untuk perkerasan jalan.

Material paving block tersusun dari campuran semen, abu batu, agregat halus, agregat kasar, dan air.

Dibandingkan dengan penutup jalan lainnya, paving block memiliki beberapa keunggulan, yaitu bobot paving block yang relatif ringan dan memiliki celah.

Fungsinya sebagai tempat penyerapan air sehingga dapat menjaga keseimbangan air tanah di sekitarnya.

Selain itu, paving block juga tersedia dalam berbagai variasi model, warna, dan ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Aneka Motif Pemasangan Paving Block

Motif pemasangan paving block pun tidak monoton dan melulu itu saja.

Ada berbagai macam motif pemasangan paving block yang biasa diterapkan, diantaranya :

  1. Motif Paving block Segi Enam atau Hexagon

    Paving block hexagon adalah model paving block yang berbentuk segi enam. Diantara model yang lainnya, paving block ini dinilai lebih kuat dan kokoh. Aplikasinya sendiri biasa kita jumpai ketika melewati trotoar. Kebutuhan paving block hexagon sekitar 27 buah per meter persegi. Bentuknya yang segi enam tidak memungkinkan pemasangannya dikreasikan dengan bermacam-macam model, dengan kata lain, paving block hexagon hanya bisa dipasang dengan satu jenis model saja.

  2. Model Paving block Cacing atau Unipave

    Model paving block unipave atau yang biasa disebut paving block cacing memiliki bentuk yang menyerupai persegi panjang, hanya saja sisi-sisinya bergelombang atau zig-zag sehingga dinamakan paving block cacing. Paving block jenis ini merupakan salah satu paving block yang cukup populer karena memiliki nilai seni yang tinggi, sehingga penggunaannya tidak hanya berfungsi sebagai penutup jalan, tetapi juga mempercantik suasana suatu area. Motif paving block unipave banyak diaplikasikan di daerah perumahan, area hiburan, dan lain sebagainya. Dan per meter persegi, kebutuhan paving block ini bisa mencapai 39 buah

  3. Paving block susun bata

    Tipe paving block persegi panjang adalah jenis paving block yang pemasangannya bisa dikreasikan dengan berbagai motif, salah satunya adalah motif susun bata. Sesuai namanya, motif pemasangan paving block ini mirip sekali dengan pola batu-bata di dinding rumah. Kelebihan dari motif ini adalah aplikasinya yang praktis dan sederhana, sedangkan kelemahannya adalah kekuatan penguncian antar paving block cenderung lemah dan tidak bisa menahan berat beban yang terlalu besar.

  4. Paving block anyam tikar

    Motif pemasangan paving block anyam tikar juga menggunakan model paving block persegi panjang, hanya saja motifnya yang berbeda. Pernah membuat anyaman tikar saat di bangku sekolah? Nah, paving block ini memiliki pola yang sama persis seperti anyaman tikar, yaitu disusun selang-seling dengan dua paving block arah vertikal dan dua paving block arah horisontal. Dibandingkan dengan paving block susun bata, motif ini lebih berseni dan memiliki tingkat penguncian yang sedang.

  5. Paving block tulang ikan

    Masih menggunakan paving block persegi panjang, tetapi dengan motif yang berbeda. Ada dua jenis motif tulang ikan, yaitu pola tulang ikan 90° dan 45°. Pola 90° disusun tegak lurus antara satu paving block dengan paving block di sebelahnya, sedangkan pola 45° juga disusun tegak lurus antar paving block, hanya saja arahnya miring seperti garis diagonal.

  6. Paving block kotak

    Motif paving block ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran yang terbilang kecil dan bobotnya relatif ringan dibanding dengan model paving block lainnya. Karena itulah, paving block jenis ini akan berisiko apabila digunakan untuk menahan kendaraan yang memiliki bobot cukup berat. Aplikasinya lebih banyak ditemui di halaman rumah yang ukurannya sempit.

  7. Paving block topi uskup

    Model paving block yang paling unik karena sisi-sisinya yang tak beraturan. Namun tenang saja, paving block topi uskup hanya digunakan di sisi paving block lainnya, bisa untuk merapikan atau sebagai hiasan.

Sekian artikel mengenai motif pemasangan paving block.

Sebenarnya paving block memiliki banyak sekali model dan setiap model memiliki motif sendiri.

Jadi, bisa dibayangkan berapa banyaknya motif secara keseluruhan? Dan motif pemasangan paving block yang kami pilih adalah yang paling banyak dijumpai.

Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat.

Terima kasih.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu