Metode Pemasangan Pagar Panel Beton

Pagar panel beton

Pagar panel beton adalah susunan beton yang telah di cetak bersama tiang penyangga struktur beton. Panel beton menjadi alternatif dari proses membuat pagar tembok. Sebab proses pengerjaan pagar beton lebih cepat karena termasuk material berkategori precast. Setiap panel beton nantinya agan disusun ke dalam kolom beton yang sebelumnya sudah dipasang.

Pagar panel beton diproduksi menggunakan material pasir dan semen sebagai bahan utama. Kemudian penambahan cairan kimia, kunci yang semakin membuat adukan solid. Kombinasi inilah yang nantinya menghasilkan pagar beton dengan kualitas kekokohan premium.

Jika dibandingkan dengan pagar tembok atau pagar besi, membuat pagar beton jauh lebih praktis dan kuat. Karena sifat material yang bersifat kaku, maka penghitungan luas area penempatan kolom beton haruslah presisi. Setiap perhitungan kolom mampu memprediksi berapa panel yang harus di buat.

Memasang pagar beton precast mampu memproteksi bangunan hampir 80%. Dari sisi visual, orang tidak mampu mengintip ke dalam secara bebas. Hanya saja masih harus di tambah dengan pagar berduri agar tidak ada orang yang memanjat masuk.

Karena bobotnya yang cukup berat. Di butuhkan alat khusus dan sejumlah tenaga kerja dalam pemasangan pagar panel beton. Walau demikian, dari segi maintenace pagar tidak memelukan perhatian khusus.

Pagar bisa dipakai untuk jangka waktu yang panjang, hanya saja jika salah satu panel rusak atau jebol. Maka perlu membuat panel baru untuk semua kolom beton yang ada.

pasang pagar panel beton

Tahap Pemasangan Pagar Panel Beton

Pagar beton panel di produksi secara profesional oleh produsen sekelas pabrikan, bukan hasil buatan produsen amatir. Setiap panel akan di distribusikan dalam kondisi siap pasang pada kolom beton yang sebelumnya sudah di pasang di lokasi.

Sementara membuat fondasi akan di kerjakan langsung di lokasi termasuk pencetakan dasar pagar. Tahapan yang harus dilakukan sebagai metode pemasangan pagar panel beton adalah sebagai berikut:

  • Membuat Bowplank, berfungsi untuk mengukur jarak peletakan kolom beton.
  • Titik kolom harus diseuakan dengan luas keliling area yang akan di pasangkan pagar beton.
  • Langkah selanjutnya membuat galian tiang pada titik bowplank, nantinya tiang beton akan diletakkan di sana. Bila jenis beton adalah tipe precast galian cukup sekitar 50cm.
  • Pembuatan fondasi di lakukan langsung pada titik lokasi pemasangan kolom.
  • Logam penyangga struktur terlebih dahulu di tancapkan ke dalam lobang galian.
  • Material agreat di masukkan sebagai pelapisan dasar pertama. Tahap ini harus menunggu hingga lapisan pertama set, agar bisa melanjutkan tahap selanjutnya.
  • Pemasangan panel dapat menggunakan alat tripod atau crane agar lebih aman. Kemudian panel dipasang di antara tiang kolom beton.
  • Setelahnya agregat dapat di isi kembali melalui lubang kolom.

Perhitungan Anggaran Dan Manfaat Pemasangan

Proses pemasangan pagar panel beton tidak bisa dikerjakan dengan terburu-buru. Setiap proses pengerjaan membutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi.

Sering kali orang merasa khawatir dengan anggaran yang harus disediakan. Sebelum memutuskan bekerjasama dengan salah satu perusahaan kontraktor. Pastikan secara jelas berapa biaya upah pasang pagar beton precast.

Bila tidak di jelaskan harga penawaran termasuk jasa pemasangan. Maka anda wajib berinisiatif untuk menanyakannya. Biasanya perhitungan berdasarkan harga pagar panel beton per meter terpasang.

Cek Disini : Harga Pagar Panel Beton Murah

Setelah membahas antara keuntungan dan kendala tertentu dalam pemasangan pagar beton. Tentu dapat ditarik kesimpulan tentang keunggulan pagar beton. Selain tidak membutuhkan perawatan, sebagai alat proteksi juga tidak perlu di ragukan. Kualitas pagar panel beton mendapatkan garansi dari pabrik. Sehingga dapat menjadi jaminan bila panel tidak akan mudah rusak.

Semoga bermanfaat

Informasi Produk & Layanan

Chat via WhatsApp dengan Tim Sales Indonusa sekarang juga!

Close Menu