Kelebihan dan Kekurangan Genteng Beton

kelebihan dan kekurangan genteng beton

Akhir-akhir ini popularitas genteng beton sepertinya semakin meningkat.

Genteng beton banyak dilirik oleh para developer perumahan, baik yang bergaya minimalis maupun perumahan mewah, sehingga kini genteng beton marak digunakan.

Genteng beton adalah jenis genteng yang terbuat dari campuran semen, pasir, air, dan sedikit pigmen berwarna untuk menambah nilai seni dari genteng itu sendiri.

Adanya tren menggunakan genteng beton tentu tidak terjadi tanpa sebab.

Hal ini berkaitan dengan bagaimana kualitas genteng beton dan juga hasil pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan genteng beton dibanding dengan jenis genteng lainnya.

Dan topik yang akan dibahas kali ini adalah kelebihan dan kekurangan genteng beton.

Apabila Anda tertarik mengetahui lebih lanjut, silakan simak rangkuman berikut ini.

Kelebihan Genteng Beton

  1. Lebih Kokoh

    Secara umum, genteng beton dinilai lebih kuat dibandingkan dengan jenis genteng lainnya. Namun, hal ini juga masih bergantung pada kualitas genteng beton yang menjadi pilihan Anda. Genteng beton di pasaran tersedia dalam versi berat standard dan ringan. Genteng beton ringan memang lebih murah, tetapi tidak memiliki daya tahan sekuat genteng beton dengan berat standard. Bahkan, genteng beton ringan terbilang rapuh dan rawan akan derasnya air hujan. Jadi apabila memilih menggunakan genteng beton, sebaiknya pertimbangkan sesuai kebutuhan jangka panjang.

  2. Tampilan Lebih Elegan

    Dilihat dari penampilannya, memang genteng beton dirasa memiliki nilai artistik yang lebih tinggi. Genteng beton menawarkan berbagai variasi warna dan desain sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Umumnya, genteng beton tersedia dalam bentuk datar dan bergelombang. Genteng datar biasanya dirancang khusus untuk bangunan dengan arsitektur modern, sedangkan genteng bergelombang lebih cocok digunakan pada atap dengan bentuk tradisional. Kedua jenis genteng tersebut tersedia dalam berbagai warna, seperti nuansa merah, coklat, abu-abu, dan hitam.

  3. Memiliki Lapisan Pelindung

    Di beberapa pabrik, biasanya genteng beton juga dilapisi dengan pelindung ganda untuk melindungi material dari sinar UV, basah, suhu dingin, dan polusi lingkungan. Genteng beton tidak menyerap panas, dengan kata lain, genteng beton dapat memantulkan panas sehingga suhu di dalam rumah tetap sejuk dan nyaman. Selain itu, genteng beton juga tahan terhadap api sehingga kerusakan dapat diminimalisir apabila terjadi kebakaran.

  4. Perawatan Lebih Simpel

    Dengan materialnya yang kokoh, sepertinya Anda tidak akan membutuhkan banyak perawatan untuk jenis genteng ini. Bahkan, genteng beton diklaim dapat bertahan hingga 30-40 tahun. Mungkin perawatan yang perlu dilakukan adalah membersihkan genteng dari kotoran dan lumut. Untuk melakukannya, sebaiknya Anda serahkan pada perusahaan profesional. Tetapi apabila ingin melakukannya sendiri, pastikan menggunakan pembersih biologis untuk menghindari kerusakan pada pelapis genteng.

Kekurangan Genteng Beton

  1. Lebih Berat

    Dibandingkan dengan jenis genteng yang lainnya, genteng beton memang terbilang cukup berat. Hal ini mengharuskan Anda untuk memastikan bahwa penyangga dirancang cukup kuat untuk mendukung beban beton.

  2. Rawan Pelapukan

    Walaupun kokoh, genteng beton sangat rawan terhadap pelapukan. Adanya pori-pori pada permukaan memungkinkan genteng untuk menyerap air sehingga membuat permukaan genteng menjadi lembab. Kondisi lembab ini yang menyebabkan tumbuhnya lumut dan jamur.

  3. Harga Lebih Mahal

    Melihat berbagai kelebihan dan kekurangan genteng beton, sepertinya genteng ini memiliki lebih banyak sisi positif. Dan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, tentu ada harga yang sesuai untuk mendapatkan genteng beton ini. Dibanding dengan jenis genteng lainnya, genteng beton memang lebih mahal. Inilah mengapa mayoritas pengguna genteng beton adalah mereka yang berada di kelas ekonomi menengah ke atas.

Mungkin sekian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan genteng beton.

Semoga informasi tentang kelebihan dan kekurangan genteng beton ini dapat memberi petunjuk jenis genteng paling tepat untuk rumah Anda. Terima kasih.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu