Definisi Dan Fungsi Material Panel Dinding

panel dinding

Perkembangan dunia konstruksi sangat maju pesat, berbagai inovasi baru melahirkan berbagai produk konstruksi yang memberikan banyak keuntungan dan kemudahan.

Salah satu inovasi tersebut adalah panel dinding.

Panel dinding adalah produk konstruksi dinding yang terbuat dari berbagai macam material yang digunakan untuk kebutuhan aplikasi dinding sebuah bangunan.

Memiliki berbagai macam ukuran panel dinding disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.

Selain fungsi utamanya menjadi pelindung sebuah bangunan panel dinding adalah konstruksi dinding yang memiliki berbagai fungsi lain.

Fungsi panel dinding berkaitan dengan erat material pembuatannya itu sendiri. Berikut material panel dinding dan fungsinya untuk sebuah konstruksi bangunan.

1. Pengertian Panel Dinding

Panel dinding adalah produk konstruksi dinding berbagai ukuran yang terbuat dari material tertentu.

Selain itu panel beton adalah konstruksi cetak yang banyak digunakan untuk kebutuhan dinding eksterior maupun interior.

Kegunaannya tak sebatas menjadi pelindung atau dinding sebuah bangunan namun juga memberikan estetika atau nilai keindahan suatu bangunan.

2. Jenis Panel Dinding

Panel dinding adalah produk yang memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan material bahan pembuattannya. Jenis panel dinding antara lain.

  • Panel Dinding Beton

    Terbuat dari campuran material beton sebagai bahan pembuatnya. Panel dinding beton dibuat dengan cara pencetakan dengan berbagai ukuran

  • Panel Dinding Kayu

    Terbuat dari kayu yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah panel dinding. Berbagai jenis kayu dapat dimanfaatkan untuk penggunaan panel dinding kayu ini.

  • Panel Dinding Batuan Alam

    Terbuat dari batuan alam seperti marmer dan batu alam lainnya. Batu-batu ini dibentuk dengan memotong batuan alam sesuai ukuran yang dibutuhkan.

  • Panel Dinding Kaca

    Terbuat material dari kaca. Panel dinding jenis ini mempunyai ukuran ketebalan yang beragam dan banyak digunakan pada gedung-gedung bertingkat.

  • Panel Dinding Polikarbonat

    Merupakan panel dinding buatan yang terbuat dari material bahan plastik atau termoplastik. Panel dinding ini mempunyai bobot cukup ringan.

3. Fungsi Panel Dinding

Fungsi utama panel dinding adalah sebagai pelindung sebuah konstruksi bangunan baik secara eksterior maupun interior.

Selain fungsi tersebut panel dinding juga berfungsi sebagai sebuah dekorasi bangunan yang memberikan nilai keindahan pada dinding bangunan.

Fungsi panel dinding berkaitan erat dengan bahan material pembuatannya.

4. Aplikasi Pemasangan Panel Dinding

Panel dinding adalah konstruksi bangunan yang bisa di terapkan untuk berbagai kebutuhan dinding sebuah bangunan.

  • Aplikasi Eksterior

    Untuk pengunaan aplikasi eksterior panel dinding beton maupun kaca bisa anda terapkan pada sebuah bangunan. Panel dinding beton memberikan fungsi kekuatan lebih pada dinding dan penggunaan panel dinding kaca cocok sekali untuk gedung tinggi bertingkat yang mengutamakan pencahayaan alami.

  • Aplikasi Interior

    Aplikasi interior lebih mengutamakan nilai seni yang memberikan keindahan pada sebuah bangunan. Penggunaan panel dinding yang cocok untuk aplikasi interior adalah panel dinding batuan alam dan panel dinding kayu. Kedua panel dinding ini bisa memberikan estetika keindahan pada sebuah bangunan.

5. Kelebihan Panel Dinding

Kelebihan panel dinding adalah mudah dilakukan pemasangan pada sebuah bangunan untuk panel dinding beton, kaca dan kayu.

Mempunyai kekuatan yang baik dan memberikan nilai lebih pada sisi keindahan bangunan seperti panel dinding batuan alam, selain itu panel dinding juga kedap terhadap suara.

Kelebihan panel dinding sangat bergantung dari material pembuataannya oleh sebab itu anda harus tau betul kebutuhan dinding pada bangunan dan pemasangan panel dinding jenis apa yang cocok untuk bangunan tersebut.

6. Kekurangan Panel Dinding

Kekurangan panel dinding adalah harganya cukup mahal untuk panel dinding jenis batuan alam selain itu pemasangangan juga cukup sulit.

Untuk panel dinding kayu mudah terbakar dan panel dinding kaca mudah pecah apabila mendapatkan benturan yang keras. Kekurangan panel dinding tentu juga berkaitan dengan material pembuatannya.

Panel dinding adalah konstruksi dinding yang memberikan anda banyak pilihan untuk aplikasi dinding sebuah bangunan.

Pastikan anda bisa menganalisa kebutuhan panel dinding yang tepat pada bangunan dan tentunya faktor serta tujuan pemasangan sebuah panel dinding pada bangunan anda.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu