Cara Pemasangan Saluran U-Ditch Beton Dengan Benar

cara pemasangan saluran u-ditch beton

Cara pemasangan saluran u-ditch by Indonusa. Manfaat saluran air pada konstruksi bangunan, jalan dan jembatan merupakan elemen pelengkap yang berguna untuk menyalurkan kelebihan air yang ada pada konstruksi utama. Saluran air terbuka yang sering kita lihat di pinggir jalan menggunakan beton pracetak jenis u ditch dan buis beton. Namun, sering kita temui genangan air pada saluran terbuka di pinggir jalan. Penyebab utamanya yaitu adanya sampah-sampah yang dibuang pada saluran air tersebut.

Selain itu, cara pemasangan saluran u-ditch yang kurang tepat dapat berpotensi terhadap penyumbatan saluran air, dimana sering ditemukan posisi kemiringan pemasangan u ditch dari hulu ke hilir yang tidak tepat, cenderung naik turun. Artikel berikut akan menjelaskan tentang cara pemasangan saluran u-ditch dengan benar.

Terdapat empat tahapan dalam pekerjaan konstruksi saluran air, yaitu tahapan persiapan, penggalian, pemasangan, pengurugan dan pemadatan yang dijelaskan sebagai berikut :

1. Tahapan Persiapan

Tahapan pertama adalah dengan mempersiapkan gambar perencanaan dan melakukan survey lokasi, dimana output yang dihasilkan adalah ukuran awal. Terdapat dua pengukuran, yaitu pengukuran longitudinal (untuk mencari trase saluran dan batas pembebasan) dan pengukuran cross section (untuk mencari elevasi saluran). Survey lokasi diperlukan untuk mengetahui apakah pada area kerja terdapat saluran lain dengan fungsi sejenis. Atau saluran lain dengan fungsi berbeda sehingga dapat dilakukan pengaturan berupa saluran bersusun.

Selain mempersiapkan lahan galian, perlu diperhatikan juga tata letak material, peralatan, ruang istirahat pekerja serta direksi keet. Kebutuhan ruang-ruang tersebut dapat menghabiskan ruang jalan, sehingga perlu dilakukan pengaturan jalur lalu lintas jalan raya agar tidak mengganggu pekerjaan pemasangan saluran air serta untuk keamanan pekerja. Area pekerjaan dibatasi dengan cone dengan perhitungan panjang area yang dibatasi mempertimbangkan area transisi, area stabilisasi, area kerja serta area terminasi. Pada area stabilisasi dapat diletakkan bahan material dan peletakan peralatan termasuk alat berat yang digunakan. Area jalan satunya harus bersih dari semua pekerjaan, alat dan bahan sehingga tidak sampai menutup jalur lalu lintas secara keseluruhan.

2. Tahapan Penggalian Area Saluran U Ditch

pembuatan saluran air drainasePenggalian dilakukan setelah dilakukan pengukuran dan dibuatkan bowplank sesuai dengan gambar shop drawing. Proses penggalian saluran u ditch menggunakan alat berat excavator dengan system trimming slope, jadi area urugan menggunakan tanah dari hasil galian. Untuk pekerjaan penggalian harus sesuai dengan elevasi cross section yang telah dibuat agar kemiringan lahan sesuai dengan yang dipersyaratkan. Kesalahan penggalian yang tidak meyesuaikan elevasi lahan akan menimbulkan adanya penampungan air pada saluran karena air tidak dapat mengalir dengan baik. Apabila terdapat sampah yang jatuh pada saluran secara terus menerus maka akan mengakibatkan tumpukan sampah yang mengganggu aliran air, dan pada akhirnya terjadi penyumbatan saluran air.

Penggalian awal harus mempertimbangkan pengurugan sirtu dibawah saluran terlebih dahulu, dimana sirtu berguna sebagai penstabil tanah dibawah saluran. Setelah dilakukan proses penggalian, dilakukan pembuatan lining agar tanah tidak longsor dan menutup kembali area galian sehingga elevasi sesuai dengan perencanaan. Seringkali kita melihat area galian setelah dipadatkan langsung dipasang saluran u ditch, sehingga tanah bekas galian yang ada dipinggir jatuh kembali kedalam galian.

Ukuran galian yang dibuat dengan harus menambahkan ketebalan beton pracetak, semisal menggunakan u ditch ukuran 30x30x120 dengan ketebalan beton 5cm maka galian yang dibuat adalah:

Kedalaman = 30 + 5 jadi 35 cm
lebar = 5 + 30 +5 jadi 40 cm

Khusus untuk lebar galian, perlu ditambahkan area lagi untuk pemasangan selebar ujung alat berat yang akan masuk kedalam galian ketika memasang beton u ditch. Setelah galian selesai dibuat, maka berikutnya dilakukan pemadatan.

3. Tahapan Pemasangan U-Ditch

Cara pemasangan saluran u-ditch perlu diperhatikan benar pada tahapan ini. Pemasangannya dapat dilakukan secara manual, menggunakan alat berat excavator atau menggunakan crane, tergantung pada berat beton. Pertemuan antar beton harus disambung dengan pengelasan plat penyambung, kemudian sambungan di nat menggunakan semen.

Apabila trase saluran sangat panjang biasanya pekerjaan saluran dibagi menjadi beberapa titik pekerjaan sebagai acuan dasar elevasi saluran, yang nantinya akan disambung ke kanan atau kiri saluran. Hal ini untuk mendapatkan elevasi sesuai dengan perencanaan.

4. Tahapan Pengurugan dan Pemadatan Area Kerja

Apabila saluran air telah terpasang, maka proses terakhir adalah pengurugan kembali galian disamping kanan kiri saluran agar saluran tidak bergeser. Hati-hati dalam pelaksanaan proses ini karena saluran dapat bergeser ketika terdorong oleh gaya dari benda urugan dan pemadatan. Setelah saluran terpasang sebaiknya memasang caping beam dari beton agar saluran tidak bergerak ke kanan dan ke kiri ketika terjadi proses pengurugan kembali. Setelah proses pemadatan, area kerja harus dibersihkan dari bekas tanah galian, material lain serta peralatan.

Tahapan-tahapan diatas adalah tahapan cara pemasangan saluran u-ditch dengan benar, untuk menghindari naik turunnya elevasi saluran air seperti yang biasa kita lihat di pinggir jalan, sehingga diharapkan saluran air tidak mengalami hambatan dari hulu ke hilir. Perlu dipertimbangkan area-area yang dapat menghasilkan sampah yang menumpuk pada saluran terbuka. Area tersebut contohnya adalah lokasi saluran yang dekat dengan pohon besar, dimana dedaunan pohon tersebut ketika meranggas dapat jatuh ke dalam saluran. Ada baiknya saluran ditutup menggunakan cover u ditch, sehingga sampah tidak menutup saluran air.

Regards,

INDONUSA CONBLOCK – Produsen Box Culvert, Grass Block, Konblok, Buis Beton, Paving Block.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu