Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kusam

cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam (1)
Jasakontraktor-architectjogja.com

Membersihkan keramik kamar mandi yang kusam seringkali menjadi masalah tersendiri. Setiap kali masuk ke dalam kamar mandi dengan tampilan keramik yang kusam tentunya akan terasa tidak nyaman.

Ditambah lagi dengan segala upaya telah diusahakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam tersebut tetapi tidak berhasil. Hal ini tentu akan mengakibatkan pikiran menjadi stress.

Teknik membersihkan keramik kamar mandi yang kusam biasanya hanya dengan menggosok keramik tersebut dengan cairan pembersih. Akan tetapi, beda halnya ketika keramik kamar mandi terdapat kotoran membandel yang sudah cukup lama menempel. Tentunya teknik pembersihan yang dilakukan butuh tenaga ekstra.

Selain itu, faktor membersihkan keramik kamar mandi yang kusam menjadi cukup sulit ketika usia keramik itu sendiri yang sudah lama mengakibatkan tampilan keramik sudah tidak bersinar lagi. Oleh karena itu, keramik pada kamar mandi juga perlu dirawat.

Peralatan Untuk Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kusam

Jangan biarkan keramik kotor terlalu lama dan mengakibatkan kotoran tersebut mengendap hingga menutupi permukaan asli pada keramik. Berikut tips untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam.

1. Gunakan Cairan Pembersih

Membersihkan keramik kamar mandi yang kusam bisa dengan menggunakan cairan pembersih yang banyak dijual di toko-toko terdekat. Ini adalah cara pembersihan yang paling mudah dipraktekkan. Cara menggunakannya pun sangat mudah melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan cairan pembersih dan alat penggosok (sikat).
  2. Tuangkan langsung cairan pembersih pada area keramik yang ingin dibersihkan sedikit demi sedikit.
  3. Gosok keramik tersebut dengan sikat atau bisa juga dengan mendiamkannya terlebih dahulu selama 5-10 menit baru kemudian digosok.
  4. Bilas dengan air bersih.

2. Larutan Cuka

Cuka yang bisa digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam salah satunya adalah cuka dapur. Kotoran bandel, jamur, dan lumut pada keramik bisa dibasmi dengan bantuan larutan cuka ini. Langkah membersihkan dengan cuka sebagai berikut:

  1. Siapkan larutan cuka dan kain lap kering atau sikat.
  2. Siram area keramik yang kusam dengan cuka lalu diamkan kurang lebih 15 menit.
  3. Kemudian lap atau sikat area keramik yang telah terkena cairan cuka tersebut hingga bersih,
  4. Karena bau cairan cuka cukup kuat, akan lebih baik keramik dibersihkan kembali dengan cairan pembersih yang wangi agar bau dari cuka menghilang.
3. Baking Soda

Baking soda sangat mudah untuk ditemukan di supermarket atau pasar terdekat. Baking soda adalah bahan dapur yang ampuh untuk membasmi kerak serta minyak pada keramik. Berikut cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam dengan baking soda:

  1. Siapkan baking soda dan pasta gigi.
  2. Baking soda umumnya berbentuk bubuk sehingga perpaduan baking soda dan pasta gigi bisa mempermudah untuk dituang ke keramik.
  3. Tuang campuran baking soda dan pasta gigi ke area keramik yang ingin dibersihkan.
  4. Gosok dengan sikat atau lap kering lalu bilas dengan air.

Lihat Disini : Daftar Harga Konblok Satuan

4. Kaporit

Kaporit pada umumnya digunakan untuk menjernihkan air, terutama di kolam renang. Kaporit bisa dibeli di toko-toko bahan kimia dan kaporit ini ampuh untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam dan berkerak. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan bubuk kaporit dan sikat penggosok.
  2. Taburkan kaporit di area keramik yang diinginkan, atau bisa juga dengan menyiramkan air hangat pada keramik tersebut lalu tuangkan kaporit.
  3. Diamkan kaporit di lantai sekitar 30 menit.
  4. Lalu gosok keramik tersebut dan bilas dengan air bersih yang banyak.
  5. Lakukan cara ini dua hingga tiga kali untuk membersihkan kerak membandel pada keramik kamar mandi.

Lakukan secara berkesinambungan tutorial dalam artikel cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam tersebut diatas. Hingga keramik kamar mandi rumah Anda lebih bersih dan bebas dari kuman. Selamat mencoba!

INDONUSA CONBLOCK – Distributor Paving Conblock, Pagar Panel Beton Murah, Buis Beton Kotak, Kanstin Trotoar, Roster Beton  

Informasi Produk & Layanan

Chat via WhatsApp dengan Tim Sales Indonusa sekarang juga!

Close Menu