Cara memasang conblock yang benar

Cara memasang conblock yang benar

Persiapan Alat & bahan pemasangan conblock :

  1. Conblock sebagai material utama perkerasan lahan,
  2. Abu batu sebagai material beding & pengisi naat (filler),
  3. Gerinda atau alat pemotong paving block,
  4. Stamper kodok sebagai alat pemadat dan perata pasangan conblock,
  5. Waterpass, benang & kayu kaso sebagai material leveling.

Proses cara memasang conblock :

  1. Periksa kelurusan dan kerataan dari pemukaan lantai kerja. Untuk mengeceknya sebaiknya kita gunakan waterpass atau selang yang diisi air lalu kita timbang. Setelah rata, tentukan level atau tinggi paving block  yang akan dipasang. Misalnya 20cm dari permukaan tanah.
  2. Taburkan pasir kasar atau abu batu untuk menutup permukaan tanah lantai carport . Pastikan ketinggian taburan abu batu sudah sesuai dengan ketinggain level yang telah dihitung dan direncanakan sebelumnya. Lalu, ratakan abu batu dengan menggunakan kayu kaso atau alat lainnya seperti papan yang memiliki permukaan rata.
  3. Pasang conblock secara merata. Gunakan tali benang sebagai acuan kelurusan pemasangan conblock.Karena apabila tidak lurus dapat menimbulkan naat menjadi tidak rapih. Cara memasang conblock bisa dimulai dari titik bagian tepi ke arah tengah-tengah. Arah pemasangan berlawanan dengan arah mengepel lantai. Pasang konblok satu per satu sesuai pola pemasangan paving block nya. Pastikan kembali kerataan dan kelurusan pasangan konblok yang telah dipasang.
  4. Potonglah konblok jika dibutuhkan, misalnya pada bagian sudut dan tepi yang tidak dapat terpasang menggunakan conblock yang utuh. Potong menggunakan alat pemotong khusus conblock atau gerinda. Sebaiknya, ukur dan beri tanda sebelum melakukan pemotongan. Pemotongan konblok dapat membuat pasangan terlihat lebih rapih ketimbang kita berikan celah tersebut dengan adukan semen.
  5. Padatkan dan rapihkan pemasangan konblok dengan menggunakan mesin stamper kodok (stamper plate). Fungsinya agar conblock yang sudah dipasang dapat padat dan rata pada permukaannya. Lakukan perlahan hingga konblok terpasang dan terkait. Isi nati dengan abu batu halus, lalu diratakan ulang. Lakukan pemadatan bolak-balik hingga didapatkan hasil yang maksimal

Bagaimana? Apakah cara memasang conblock tersebut mudah? Jangan lupa tinggalkan komentar mu bila kurang jelas ya… !

Close Menu