BETON SNI

beton sni

Semua bangunan yang akan dibangun harus digunakan beton SNI dalam pengaplikasiannya.

Karena produk bangunan yang akan dilakukan sangat erat kaitannya dengan keselamatan para konsumen yang menempati bangunan.

Ditambah lagi saat ini pemerintah sedang banyak melakukan proyek infrastruktur termasuk pembangunan atau renovasi gedung.

Terdapat banyak wilayah di Indonesia rawan akan terjadinya gempa, sehingga perlu tersedianya produk beton yang sudah lulus dari uji sesuai dengan persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Untuk mendapatkan beton SNI, perlu adanya pengaplikasian baja tulangan beton yang sesuai dengan standar.

Bahan serta cara pemasangan baja tulangan beton dalam penggunaan untuk dijadikan tulangan konstruksi beton, harus mempertimbangkan aspek keamanan dan keselamatan.

Baja tulangan beton yang sesuai dengan SNI yaitu baja karbon ataupun baja paduan lainnya yang mempunyai bentuk batang dengan penampangnya yang bundar serta permukaannya polos ataupun ulir dan diaplikasikan untuk penulangan di dalam beton.

Baja tersebut harus diproduksi dengan bahan baku billet melalui metode canai panas atau hot rolling.

SNI Pencampuran Beton

Menurut beton SNI, seluruh bahan pembuatan beton harus dicampur dengan cara yang seksama serta harus dituangkan semuanya sebelum nantinya pencampur akan diisikan kembali.

Beton yang telah siap dipakai harus dicampurkan serta diantarkan sesuai syarat peraturan SNI 03-4433-1997.

Bentuk beton yang siap pakai maupun spesifikasi bagi beton yang dicetak harus melalui penakaran jumlah dan pencampuran secara terus menerus menurut ASTM C 685.

Campuran beton yang dilakukan di lapangan harus disesuaikan dengan peraturan sebagai berikut.

  • Pencampuran yang dilakukan harus diaplikasikan dengan berbagai jenis campuran yang sudah disetujui.
  • Penggunaan mesin pencampur harus dioperasikan dengan kecepatan putaran yang telah direkomendasikan oleh pabrik pembuat beton.
  • Pencampuran bahan beton harus dilakukan terus menerus paling cepat selama satu setengah menit setelah seluruh bahan pembuat beton dimasukan dalam mesin pencampur.

    Kecuali jika dapat dibuktikan bahwa dengan waktu yang lebih cepat dapat memenuhi semua persyaratan uji dalam keseragaman campuran beton SNI 03-4433-1997. Sesuai spesifikasi beton yang siap pakai.

  • Penakaran, pengolahan, serta pencampuran bahan pembuat beton harus sesuai dengan aturan yang telah berlaku di SNI 03-4433-1997, yaitu beton yang siap pakai.
  • Setelah pencampuran dilakukan harus dicacat secara rinci dengan beberapa data, yaitu jumlah campuran yang dihasilkan, proporsi bahan beton yang digunakan.

    Perkiraan tempat pengecoran pada bangunan, serta tanggal dan waktu pengecoran ataupun pencampuran.

SNI Pengecoran Beton

Pengecoran beton SNI harus dilakukan sedekat mungkin dengan posisi akhir pemasangan beton tersebut.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi segregasi yang diakibatkan oleh penanganan kembali maupun segregasi yang diakibatkan pengaliran campuran beton.

Beton yang dicor harus dilaksanakan dengan kecepatan yang singkat.

Hal tersebut dilakukan agar selama pengecoran itu beton tetap berada dalam keadaan belum padat sehingga dapat dengan mudah mengisi ruang di seluruh sisi tulangan.

Beton yang sudah memadat sebagian maupun beton yang sudah terkontaminasi dengan bahan asing tidak boleh dimasukan untuk pengecoran.

Beton yang ditambahkan bahan lagi atau yang sudah dicampur ulang lain dengan pencampuran awal tidak akan boleh digunakan, kecuali jika penambahan tersebut disetujui oleh penanggung jawab lapangan.

Sesudah pengecoran dimulai, pengecoran ini harus diulang secara menerus sampai panel atau penampang terisi penuh hingga batasnya.

Permukaan baguan atas cetakan yang vertikal pada umumnya harus datar. Apabila diperlukan berita pelaksanaan, sambungan beton SNI yang dibuat sesuai peraturan.

Seluruh beton harus dipadatkan dengan peralatan yang tepat selama pengecoran. Selain itu, harus dilakukan upaya pengisian sela-sela tulangan dan masuk ke seluruh sudut cetakan.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu