Beton Ready Mix : Pengertian, Jenis & Kelebihan Beton Ready Mix

Pengertian beton ready mix adalah

Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang terdiri dari campuran agregat dan semen sebagai material pengikatnya.

Bentuk beton yang paling umum digunakan adalah beton semen Portland yang terdiri dari kerikil dan pasir (agregat mineral), semen dan juga air.

Untuk beton yang lebih modern, terdapat jenis beton ready mix adalah campuran dari bahan pasir dengan formulasi khusus serta tergolong ke dalam beton siap pakai.

Definisi Beton Ready Mix

Jenis beton ready mix adalah beton yang belum pernah mendapatkan proses pengikatan dan perkerasan yang diproduksi di batching plant dengan adanya penambahan bahan kimia atau yang sering disebut dengan admixture.

Beton ready mix merupakan jenis beton custom yang jenisnya tergantung pemesanan. Pembuatan beton ready mix dilakukan di pabrik dengan pengawasan modern menggunakan operasi komputer.

Menurut sejarah, berdirinya industri pabrik beton ready mix ini dimulai pada tahun 1930an.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beton ready mix adalah jenis beton yang dibuat di batching plant.

Setelah proses produksi di batching plant, maka beton ready mix akan dipindahkan ke dalam mobil molen yang sering kita lihat di jalanan yang sudah ditentukan waktu pengirimannya.

Secara teori, teknis jarak tempuh batching plant dengan lokasi proyek diusahakan tidak terlalu jauh agar tidak mengurangi tingkat slump yang telah ditentukan.

Proses Pengaplikasian Beton Ready Mix

Selain menggunakan truk molen, proses penggunaan beton ready mix adalah untuk bangunan proyek yang utamanya membutuhkan mobil atau truk pompa beton atau yang sering disebut dengan concrete pump truck.

Truk pompa beton ini sudah harus siap di lapangan bahkan sebelum truk molen tiba di lokasi.

Fungsi dari truk pompa ini adalah untuk memindahkan beton ready mix di dalam truk molen ke area bangunan atau titik di mana beton tersebut digunakan di dalam konstruksi, misalnya untuk plat bangunan atau kolom bangunan.

Untuk konstruksi bangunan tinggi dan luas, penggunaan truk pompa ini akan dapat menghemat waktu dan tenaga tukang saat pengecoran dilakukan.

Selain itu kualitas beton ready mix pun akan terjaga dengan baik.

Saat ini beton ready mix adalah salah satu beton yang menjadi primadona di dunia konstruksi.

Terlebih dengan pesatnya proyek pembangunan tingkat menengah dan gedung tinggi di berbagai wilayah.

Di Indonesia, terdapat berbagai macam perusahaan penyedia beton ready mix, di antaranya adalah Holcim beton, Adhimix beton, Pionir Indoncement Tiga Roda Beton, SGG Beton, SCG Jayamix beton dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terdapat berbagai macam kualitas atau mutu beton dari beton ready mix yang dapat digunakan pada rumah tinggal atau bangunan bertingkat.

Beberapa mutu beton tersebut antara lain K225, K250 dan K300.

Beton ready mix adalah jenis beton yang membutuhkan persiapan matang untuk kondisi di lapangan sebelum pengecoran dilakukan.

Termasuk penggunaan bekisting yang mutlak harus kuat agar saat proses pengeringan tidak terjadi keretakan beton.

Keuntungan Menggunakan Beton Ready Mix Pada Konstruksi

Menjadi salah satu alternatif material, beton ready mix adalah jenis beton yang memiliki banyak kelebihan dalam penggunaannya di beberapa proyek konstruksi.

Kelebihan tersebut antara lain adalah:

  1. Memiliki kualitas yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan beton konvensional
  2. Dapat menghemat waktu sebuah proyek sehingga jadwal dapat dimampatkan untuk keperluan pekerjaan lapangan yang lain.
  3. Menghemat tempat untuk pengecoran di lapangan, terlebih jika proyek didirikan di tempat dengan lahan terbatas.
  4. Tidak membuat pengecoran di lapangan dapat mengurangi polusi di sekitar proyek, baik polusi suara dan udara dari mesin pencampur beton.
  5. Industri atau pabrik ready mix melayani penyediaan partai yang banyak untuk tiap proyek dan secara luas di beberapa titik proyek yang berbeda.
  6. Beberapa di antaranya memiliki harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan beton konvensional, terlebih jika jumlah yang dipesan dalam volume yang banyak.

Demikianlah penjelasan mengenai seluk beluk beton ready mix yang dapat menambah wacana referensi Anda di dunia konstruksi. Semoga bermanfaat.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu