Apa Itu Sirdam (Pasir Makadam) ?

pasir makadam

Jika Anda adalah sebuah pemborong proyek jalan maka tentu saja tidak asing dengan kata Pasir Makadan atau Sirdam. Dalam pembuatan konstruksi jalan, agregat dari batuan ini sangatlah penting bahkan menjadi komponen utama pada konstruksi pengerasan jalan.

Mengapa agregat pada Pasir Makadan sangat penting dalam penguatan konstruksi jalan? Pada artikel dibawah ini akan dibahas mengenai pengertian Pasir Makadam (Sirdam) dan pentingnya dalam Pembangunan Konstruksi Jalan.

Pengertian Pasir Makadam (Sirdam)

Batu Sirdam atau Pasir Makadam merupakan jenis campuran yang didalamnya terdapat 50% campuran pasir dan 50% batu makadam. Material ini gampang dan banyak ditemui di Indonesia.

Sifatnya mudah mengunci, hal inilah yang menyebabkan pasir ini tepat untuk dijadikan pengurugan jalan yang kuat.

Pentingnya Pasir Makadam dalam Pembangunan Konstruksi Jalan

Pada Pasir Makadam, terdapat banyak agregat yang mencapai 90% sampai 95%. Hal ini dapat ditulis berdasarkan dengan berat 75% dan 85% dari volume. Sifat agregat ini sangat penting dalam hal pembangunan. Lalu, apa saja pentingnya atau manfaat hal tersebut? Berikut uraiannya

  1. Gradasi serta Ukuran

    Sifat agregat yang sangat penting pertama adalah gradasi dan ukuran. Gradasi menentukan besaran beberapa rongga dalam butiran agregat. Dengan besarnya gradasi dalam sebuah pasir tersebut, akan sangat menentukan proses pelaksanaan pengerasan jalan.

    Untuk masalah ukuran dan bentuk, agregat tentu saja sangat beraneka ragam. Karena agregat ini merupakan buatan alam maka bentuknya tidak menentu dan tidak dapat disamakan. Adapun bentuknya bermacam-macam seperti pipih, lonjong, kubus, dan tidak beraturan.

  2. Kadar Lempung

    Selain gradasi, kadar lempung juga sangat mempengaruhi cara kerja agregat dalam pengerasan jalan. Dapat dikatakan jika hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kualitas.

    Jika terdapat banyak lempung yang ada didalamnya maka secara tidak langsung bahan tersebut akan membungkus partikel dari agregat sehingga campuran material tidak akan merekat keras pada aspal jalan.

Ketahanan Agregat Pasir Makadam

Setelah mengetahui pengertian Pasir Makadam (Sirdam) dan apa saja formula didalamnya, maka kini Anda harus mengetahui ketahanan pasir tersebut. Seperti pada umumnya jika batu tersebut baik maka ketahanannya akan baik juga.

Ketahanan yang dimaksud ini adalah ketahanan akan kimia maupun mekanik. Ketahanan Agregat yang baik adalah batu yang memiliki ketahanan dari degradasi ketika dicampur dengan material yang lainnya.

Harga Pasir Makadam (Sirdam)

Untuk harga Pasir Makadam bisa dikatakan dibandrol dengan harga yang normal. Menurut beberapa informasi terbaru, harga sirdam untuk satu colt diesel dijual dengan harga Rp. 1.300.000 hingga Rp. 1.600.000. Jika Anda ingin membeli dengan hitungan tronton 25 meter kibik maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 180.000 hingga Rp. 3.000.000 per meter kibik. Untuk membelinya, Anda bisa datang ke tempat toko material terdekat. Namun, ketika Anda akan menggarap sebuah proyek besar Anda bisa bekerjasama dengan pihak toko material yang dirasa sangat bagus akan kualitas dan harga.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Pasir Makadam (Sirdam). Dari sini, Anda akan mengetahui tingkat kemanfaatan yang ada dalam sirdam ketika digunakan untuk pembangunan jalan. Ketika ingin membangun sebuah proyek, perhatikan akan kualitas bahan material bangunan.

Hal ini dirasa sangat penting karena tingkat ketahanan dan kekokohan dari bangunan atau jalan tersebut akan berpengaruh dari bahan dasarnya. Pilihlah material dengan harga yang murah atau normal namun dalam kualitas yang tetap terjaga.

Informasi Produk & Layanan

Chat via WhatsApp dengan Tim Sales Indonusa sekarang juga!

Close Menu