Membuat sumur resapan biopori dengan buis beton

Membuat sumur resapan dengan buis beton

Sumur resapan saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah untuk dapat mengurangi banjir. Salah satu material yang dapat digunakan dalam membuat sumur resapan yaitu “Buis beton atau dikenal juga dengan sebutan hong”.

Buis Beton adalah sebuah produk bahan bangunan yang terbuat dari beton precast . Buis beton dibentuk sedemikian rupa sehingga penampangnya menjadi berbentuk sebuah pipa dan dibuat dengan menggunakan besi tulangan maupun tanpa besi tulangan. Tulangan yang dimaksud yaitu anyaman besi baja yang dibentuk menjadi sebuah jaring-jaring lalu ditanam ke dalam cetakan buis beton. Fungsinya yaitu sebagai penguat dari adukan mortar.

Namun karena harga gorong gorong tulangan yang dapat mencapai 3x lipat dari harga buis beton tanpa tulang, ditambah pula lamanya proses produksi, menyebabkan buis beton bertulang menjadi kurang popular penggunannya di masyarakat luas. Dan permintaan buis beton bertulang pun terbatas penggunaannya hanya untuk posisi-posisi saluran air yang dilewati oleh kendaraan-kendaraan berat (Crossing Road). Sementara untuk pemakaian standar buis beton tanpa tulang sudah mencukupi kekuatannya. Seperti aplikasi buis beton untuk saluran air di sisi jalan maupun saluran air yang dilalui oleh kendaraan ringan.

Ukuran buis beton dan penggunaannya

Buis beton memiliki ukuran yang bervariasi bergantung pada fungsi dan kebutuhan penggunaannya. Misalnya untuk saluran air umumnya menggunakan ukuran buis beton diameter 20 sampai 60 cm, sedangkan untuk septic tank dan penampungan sumur resapan air digunakan ukuran diameter 80 atau 100 cm. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan buis beton terdiri atas air, pasir, abu batu dan semen yang dicetak dengan cetakan yang terbuat dari besi plat bordes.

Pada umumnya Buis Beton berfungsi sebagai pelapis dinding tanah dalam pembuatan sumur resapan atau pengerjaan galian saluran air. Baik yang sering di gunakan di sejumlah perumahan atau pun di tempat-tempat umum. Selain itu Buis beton juga kerap difungsikan pula sebagai aliran pembuangan air. Yang mana penggunaannya dapat mempermudah pengerjaan dan tidak perlu melakukan pengecoran lagi. Di masyarakat luas buis beton dikenal juga dengan sebutan gorong gorong beton.

Jenis-jenis buis beton

Adapun jenis dari gorong gorong beton yang kerap diproduksi oleh pabrikan terdiri dari 2 macam. Ada yang buis beton biasa dan buis beton non pasir. Bentuknya pun ada yang lingkaran bulat dan ada pula yang berbentuk 1/2 lingkaran ( buis beton belah ), dari keduanya memiliki fungsi yang sama. Namun dari segi kelebihan jenis buis beton non pasirlah yang masih dianggap terbaik. Dikarenakan untuk buis beton ini, air yang lewat tidak meresap ke bagian dinding beton, sehingga dapat menahan laju air.

Buis Beton juga dapat dipakai untuk membuat sumur resapan. Ukuran buis beton yang digunakan untuk membuat sumur resapan yaitu diameter 100 x 50 cm. Sumur resapan itu sendiri berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan kedalam tanah. Sasaran lokasi adalah daerah resapan air di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olah raga serta fasilitas umum & fasilitas social lainnya.

Seperti yang kita sebut di atas Indonusa Conblock memproduksi dan mensupply buis beton yang tidak bertulang atau Buis Beton Tanpa Tulangan. Ukuran gorong gorong beton yang kami jual mulai dari diameter 20 cm hingga 100 cm. Untuk harga buis beton Indonusa Conblock, bisa dilihat disini…

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu