Kanstin – Daftar Harga Kansteen 2017 dan Ukurannya

kanstin kansteen kanstein

Salah satu material yang cukup banyak dijumpai di tepi jalan raya adalah kanstin. Konstruksi beton precast ini dibuat berbagai macam bentuk sebagai material pembatas antara jalan dan trotoar.

Kanstin adalah sebuah material konstruksi yang terbuat dari campuran beton berupa semen, pasir, batu split, air dan berfungsi sebagai media pembatas jalan. Kanstin biasa juga disebut dengan istilah kerb beton. Kanstin di produksi menggunakan sistem pracetak yaitu dibuat secara massal oleh suatu pabrik beton precast. Proses produksinya sama halnya produk beton pracetak lainnya seperti u-ditch, box culvert, buis beton, pagar beton dan paving block.

Metode Produksi Kansteen

Bila di tinjau dari proses produksinya, kansteen terbagi menjadi 2 jenis yaitu kansteen dengan metode cetak basah (wet cast) dan cetak kering (dry cast). Perbedaan yang mencolok dari kedua metode pencetakan ini terletak pada tampilan hasil produksi (visual performance). Metode cetak menghasilkan permukaan produk lebih halus dan lebih rapi. Sedangkan metode cetak kering menghasilkan produk dengan tampilan permukaan yang sedikit berpori. Akan tetapi, kekuatan dari kedua metode produksi ini tidak memiliki perbedaan.

Kansteen cetak kering diproduksi menggunakan sebuah mesin produksi pencetak kansteen. Sedangkan untuk jenis kanstin cetak basah menggunakan cor beton yang dituangkan kedalam cetakan kansteen. Kansteen tipe cetak kering umumnya memiliki kapasitas produksi harian yang lebih besar jumlahnya daripada tipe cetak basah.

kanstin car stopper beton
Gbr Kanstin Cetak Basah

Dibawah ini adalah daftar harga kanstin dari Indonusa Conblock.  Tersedia mulai dari ukuran terkecil dengan dimensi panjang 40 cm hingga ukuran kanstin terbesar panjang 60 cm. Yang menentukan mahal atau murahnya harga kanstin beton di tentukan oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Mutu beton dari produk tersebut. Semakin tinggi mutu betonnya maka harganya pun juga semakin mahal,
  2. Bentuk dan ukuran kanstin. Bila ukurannya semakin besar maka akan berpengaruh terhadap harga kanstin,
  3. Jumlah pembelian. Besarnya volume pembelian akan menentukan berapa besar diskon yang nantinya akan diberikan,
  4. Jarak lokasi pengiriman. Bila lokasi proyek anda masih di sekitar area Jabodetabek, maka masih di gratiskan beban biaya pengiriman.
kanstin trotoar taman harga ukuran
Daftar harga

Harga Kanstin Beton K-300
Jenis KanstinDimensi (cm)Harga / PcsQty / m¹
Jepit40 x 20 x 10232,5
Taman40 x 25 x 15 x 13332,5
Trotoar40 x 28 x 15 x 13382,5
Tali airTipe S382,5
DKI Standar60 x 25 x 22 x 18681,6
DKI Jumbo60 x 30 x 25 x 20931,6
Car Stopper60 x 15 x 22531,6

Syarat dan Ketentuan
  • Harga diatas tidak termasuk PPN,
  • Cara pembayaran tunai sebelum barang dikirim (cash before delivery),
  • Barang yang sudah dipesan tidak dapat ditukar atau dikembalikan,
  • Harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu,
  • Gratis biaya pengiriman untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi,
  • Biaya koordinasi lingkungan atau kuli preman ditanggung pihak pembeli.

Fungsi Kanstein Beton

Pada awalnya kanstein digunakan hanya sebagai pembatas jalan, namun seiring dengan perkembangan zaman kanstein mulai di desain untuk mempercantik taman. Selain itu kanstein juga dapat di aplikasikan sebagai material pemberhenti mobil ketika parkir atau sering dikenal dengan car stopper beton. Yang dimaksud car stopper adalah tanggulan sebagai pengaman area parkir untuk tanda mobil harus berhenti.

Pemasangan kanstin car stopper beton harus disesuaikan dengan ketinggian bumper mobil dan jarak sumbu roda mobil. Hal ini dilakukan agar mobil dapat berhenti ketika roda telah menyentuh car stopper. Ketinggian pemasangannya juga harus diatur agar bumper mobil tidak membentur kanstein car stopper yang telah dipasang. Umumnya ketinggian pemasangan car stopper beton yang tampak dipermukaan yaitu 10 cm.

Kanstein juga dapat di fungsikan sebagai material pengunci pada pemasangan paving block. Tujuannya agar susunan pasangan paving tidak mudah bergeser. Di anjurkan pemasangan kanstein dikerjakan terlebih dahulu sebelum pemasangan conblock dilakukan. Hal ini dilakukan agar pasangan konblok menjadi lebih rapi dan naat tetap lurus mengikuti patokan pasangan kanstein.

kanstin taman trotoar
Kombinasi Kanstin dengan Paving

Type dan Jenis-jenis Kanstin

Produk kansteen yang di produksi oleh Indonusa Conblock memiliki berbagai macam type dan jenis. Berikut adalah macam-macam jenis kanstein yang kami produksi :

  • Kanstein Jepit

Jenis kansteen ini memiliki dimensi ukuran yaitu 40 x 20 x 10 cm (panjang x tinggi x lebar). Model ini banyak kita jumpai pemasangannya pada area jalan lingkungan perumahan. Dinamakan sebagai model jepit karena jenis produk ini memiliki socket joint atau sering disebut dengan istilah “kupingan”. Socket joint tersebut berfungsi agar susunan antar pasangan kansteen saling menjepit dan tidak mudah bergeser.

  • Type Kanstin Taman

Ukuran dari kanstin taman yaitu 40 x 25x 15 x 13 cm (panjang x tinggi x lebar). Peruntukan untuk jenis ini yaitu digunakan sebagai pembatas area taman. Fungsinya agar tanah maupun tanaman yang di ada pada sekeliling taman tidak berserakan. Selain itu pemasangan kansteen beton jenis ini dapat memperindah taman dan menambah nilai estetika taman tersebut. Apalagi jika pemasangannya di padu padankan dengan grass block maupun paving block.

  • Kansteen Trotoar

Kansteen trotoar yang di produksi oleh Indonusa yaitu berukuran 40 x 28 x 15 x13 cm (panjang x tinggi x lebar). Tidak jauh berbeda dengan model taman, yang membedakan hanyalah pada ukuran ketinggiannya. Untuk jenis ini dibuat dengan dimensi yang tinggi agar tidak dapat di lompati oleh kendaraan yang lalu lalang di jalan raya.

  • Jenis Kanstin Standar DKI

Umumnya jenis ini digunakan pada proyek-proyek pembangunan jalan raya institusi pemerintahan. Terdapat dua macam ukuran untuk kansteen jenis ini yaitu, 60 x 25x 22 x 18 cm dan 60 x 30 x 25 x 22 cm (panjang x tinggi x lebar). Dinamakan kansteen DKI karena spesifikasi ukuran yang pertama kali mengeluarkannya adalah Dinas Pekerjaan Umum Kota DKI Jakarta.

  • Type Car Stopper Beton

Fungsi car stopper beton adalah tanggulan sebagai pengaman area parkir untuk tanda mobil harus berhenti. Ukurannya yaitu 60 x 15 x 20 x 18 cm (panjang x tinggi x lebar).

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu