Box Culvert Precast – Daftar Harga Jual 2017 dan Ukurannya

box culvert precast murah

Salah satu material yang cukup banyak dijumpai untuk melakukan konstruksi underpass adalah box culvert. Konstruksi beton ini dibuat menyerupai pipa dalam bentuk persegi atau persegi panjang untuk menahan beban di atasnya. Sistem produksinya menggunakan metode cor basah sama seperti produk kanstin, u ditch dan tutup u ditch.

Pengertian Box Culvert

Box culvert atau yang juga biasa disebut gorong-gorong beton adalah sebuah bahan konstruksi yang dibuat dari beton bertulang berbentuk segi empat. Konstruksi ini memiliki spigot dan soket yang membuatnya kedap air tanah dan tetap menyatu ketika terjadi pergeseran tanah.

Box culvert merupakan saluran air bawah tanah yang cocok digunakan untuk lahan yang terbatas. Kedalaman dan ketinggiannya terbatasi, tetapi membutuhkan ruang saluran yang lebar dan dangkal serta dapat menangani arus sesuai yang diperlukan. Beberapa contoh penggunaan material ini adalah sebagai gorong-gorong jalan raya, gorong-gorong kereta api, jembatan jalan raya yang pendek, atau terowongan.

Produk ini dapat dibuat dengan profil bulat, persegi, trapesium, atau modular yang terpisah antara bagian atas dan bawahnya. Ukurannya pun dibuat berbeda-beda, tergantung dari debit air yang akan dialirkan melalui gorong-gorong beton tersebut.

Kelebihan Box Culvert Precast

Pencetakan material ini dapat dilakukan di pabrik (disebut beton pracetak / beton precast) dan di lokasi konstruksi. Namun melihat tingkat kepraktisannya, produk jenis beton precast kini lebih banyak digunakan. Untuk box culvert yang di produksi pada pabrik beton precast, umumnya dicetak dalam jumlah besar. Selain memproduksi produk ini biasanya pabrik beton pracetak juga memproduksi produk lainnya seperti grass block, paving block / konblok dan produk-produk beton pracetak lainnya.

Pasalnya, bila menggunakan produk dengan sistem precast tidak akan memakan waktu yang lama untuk pengaplikasiannya. Pekerjaan lapangan hanya sebatas penggalian tanah dan pengecoran lantai kerja tanpa harus terganggu karena overlapping dengan pekerjaan struktur pracetak di lokasi. Sementara itu jika harus melakukan pengecoran di lokasi, waktu yang dibutuhkan lebih lama hingga beberapa bulan dan dapat menimbulkan kemacetan yang panjang dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Secara umum, box culvert precast lebih banyak digunakan karena:

  1. pemasangan yang lebih mudah dan cepat;
  2. biaya instalasi lebih kecil; dan
  3. memiliki plat besi joint yang membuat struktur menjadi lebih kokoh dan kuat.

Ukuran box culvert sangat beragam jenisnya. Mulai dari yang terkecil dengan dimensi diameter 40 cm hingga ukuran box culvert yang terbesar 200 cm. Spesifikasi panjang untuk tiap 1 unit dari produk ini yaitu panjang 100 cm (1 meter).

Dibawah ini adalah daftar harga box culvert dari Indonusa Conblock. Spesifikasi box culvert yang diproduksi oleh Indonusa yaitu memiliki mutu beton rata-rata K 350.

box culvert harga ukuran
Daftar harga

Harga Box Culvert K-350
Ukuran (cm)Harga / UnitQty / m¹
40 x 40 x 100Rp 1.085.0001
50 x 50 x 100Rp 1.430.0001
60 x 60 x 100Rp 1.795.0001
80 x 80 x 100Rp 2.660.0001
100 x 100 x 100Rp 3.800.0001
120 x 120 x 100Rp 4.700.0001
150 x 150 x 100Rp 8.214.0001
200 x 200 x 100Rp 12.127.0001

Syarat dan Ketentuan
  • Harga box culvert diatas tidak termasuk PPN,
  • Cara pembayaran tunai sebelum barang dikirim (cash before delivery),
  • Barang yang sudah dipesan tidak dapat ditukar atau dikembalikan,
  • Harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu,
  • Gratis biaya pengiriman untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi,
  • Biaya koordinasi lingkungan atau kuli preman ditanggung pihak pembeli.

Fungsi dan Kegunaan Box Culvert

Pada dasarnya, box culvert digunakan untuk kepentingan drainase. Namun dengan banyaknya kebutuhan lain yang dapat didukung, produk ini juga digunakan untuk beragam konstruksi underpass lainnya.

  • Box culvert sebagai sarana saluran irigasi

Jenis box culvert yang dibutuhkan untuk irigasi memerlukan kekuatan struktur yang tinggi sehingga dapat menyalurkan air. Biasanya, penggunaannya dapat kita temui dengan mudah di bawah jalan tol atau sungai dekat area persawahan yang sengaja dibuat sebagai saluran irigasi.

Menyesuaikan dengan fungsinya, ukuran box culvert yang dibutuhkan tentulah besar. Untuk proses pengecorannya sendiri dapat dilakukan langsung di tempat (tidak perlu menggunakan beton pracetak.

  • Media terowongan utilitas

Siapa bilang produk ini hanya bisa digunakan sebagai saluran air ? Nyatanya selain berfungsi sebagai saluran air, produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk utilitas kabel telepon, listrik, dan sebagainya. Selain itu box culvert juga berfungsi sebagai pelindung kabel bawah tanah yang biasa ditanam untuk keperluan estetika kota.

Jenis yang digunakan untuk kebutuhan ini berukuran kecil dan harus memenuhi beberapa kriteria khusus. Mengingat di dalamnya nanti akan terdapat material lain yang perlu dilindungi, maka pastikan bahwa produk ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan serangan binatang pengerat.

  • Berfungsi untuk penangkap air

Jenis inilah yang paling umum kita jumpai dalam penggunaannya. Box culvert difungsikan sebagai saluran drainase yang diterapkan dalam berbagai fasilitas umum seperti jalan raya, jalur kereta api, bendungan, dan sebagainya. Karena bagian atasnya kerap dijadikan sebagai jembatan dan jalur yang dilalui kendaraan setiap harinya, tentu kekuatannya harus sangat diperhitungkan.

Sebagai saluran air drainase, bentuk yang digunakan tidak harus berupa segi empat seperti kebanyakan. Karena sebagian dari wujudnya terlihat oleh mata manusia, maka nilai estetika pun ditambahkan ke dalam perencanaan box culvert ini. Adapun alternatif bentuk yang paling sering digunakan adalah arch culvert (melengkung) seperti yang biasa terlihat dari bawah jembatan.

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Informasi Produk & Layanan

Telpon kami untuk mendapatkan informasi produk serta layanan dari Indonusa !

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove
Close Menu